Hai Sobat,
Sebagai online shopaholic, saya sebisa mungkin keep update dengan keberadaan promo dan online shop terbaru yang bisa diakses di indonesia tercinta ini.
Nah ceritanya, kemarin saat saya visit untuk check promo di Shopback.co.id tiba tiba sebuah situs yang namanya cukup familiar di luar sana, muncul juga di situs shopback. Promonya cukup menggiurkan, yakni cashback sebesar 15% jika pembelian dilakukan dengan menggunakan kartu visa. Akhirnya tanpa banyak ba-bi-bu, saya langsung membukan situs gearbest.com tersebut.
Secara layout, situs gearbest agak kurang meyakinkan, dan tapi setelah saya bandingkan harganya memang ternyata lebih murah jika dibandingkan dengan aliexpress atau ebay. Selisihnya lumayan, bisa sekitar 5-10 dollar, apalagi kalau ada flash sale. Setelah, browsing beberapa lama, akhirnya saya menemukan 'korban' untuk saya jadikan uji coba transaksi pembelian di gearbest ha ha ha... ups....
Nah, ini dia penampakan barangnya sob:

Nah, di situs gearbest tertera bahwa harganya adalah US$ 24.68, tetapi karena saya pelanggan baru, saya mendapat potongan sekitar 1 dollar sehingga harganya menjadi US$ 23.62. Kalau dirupiahkan kurang lebih sekitar Rp 340 ribu-an. Wow, murah kan sob? Udah gitu gratis alias free ongkir (ongkos kirim) lagi ke Indonesia. Nah, langsung secepat kilat tangan saya bergerak untuk checkout dengan kartu kredit. Setelah beberapa kali klik, sms OTP (One-Time-Pin Secure-Visa atau kalau mastercard namanya 3D Secure) pun sampai ke hape saya, dan saya langsung input pin OTP tersebut, dan transaksi pun berhasil, dan saya menerima email konfirmasi dari gearbest.
Beberapa menit kemudian, ada bagian otorisasi dari bank penerbit kartu saya menghubungi via telepon, untuk konfirmasi transaksi. Aneh, biasanya saya tidak pernah diverifikasi saat transaksi di ebay maupun aliexpress. Tapi akhirnya transaksi saya berhasil diverifikasi dan disetujui oleh bagian otorisasi bank saya.
Dua hari setelah order, saya iseng-iseng cek status pengiriman, dan saya kaget setengah mati saat mengetahui kalau saya punya pesan inbox di situs gearbest dan saya tidak mendapat notifikasi apapun via email. Tapi yang bikin saya kaget itu isi pesannya, bahwa status pembayaran saya ditahan (on-Hold) dan mereka butuh verifikasi beberapa data.

Saya pun me-reply data-data yang dibutuhkan (sekitaran alamat pengiriman dan bukti bahwa kartu yang digunakan transaksi adalah benar kartu saya, misalnya: billing statement dsb). Akhirnya, verifikasi pun disetujui oleh gearbest. Sore harinya, saya cek kembali status order, dan kali ini saya kembali shock, karena ternyata status order saya adalah 'Refunded' alias akan diretur. OMG!
Saya pun membuat tiket complain ke gearbest, dan menanyakan bla-bla-bla kenapa order saya direfund, dan jawaban mereka cukup menjengkelkan karena terlalu bertele-tele seperti berikut:

Tapi karena saya orang indonesia, saya tidak menyerah, dan terus membuat tiket baru dan terus followup lewat situs gearbest. Yang bikin repot sebetulnya setiap jawaban dari CS-nya tidak pernah ada notifikasi via email. Jadi kita harus rajin cek ke situsnya setiap beberapa waktu. Dan situsnya sepertinya tidak mengenal yang namanya cookie "Ingat Saya", karena setiap beberapa menit, saya harus login kembali dengan capcay nya yang kadang-kadang bikin keki. Setelah beberapa kali berkorespondensi tiket, tiba-tiba saya menerima pesan bahwa pesanan saya ternyata dalam pengiriman sejak beberapa hari yang lalu. DANG! Wah saya kembali shock tapi kali ini agak merasa lega. Dalam hati saya berpikir, ternyata selama ini cuma masalah komunikasi dan CS yang sangat tidak kompeten saja, toh nyatanya order saya tetap terproses dan terkirim.

Okeh, lanjut ke status pengiriman. Jasa ekspedisi yang digunakan oleh Gearbest adalah Netherland Post Surface Mail, dan saya juga tidak mengerti kenapa pakai jasa ekspedisi belanda, mungkin cuma namanya saja. Toh untuk tracking saya tetap harus ke situs http://www.sky56.cn dan nama dari situs itu beishisheng logistics:
Dan karena saya orang Indonesia yang rajin, setelah beberapa saat muncullah tracking seperti ini:
Electronic information,receive--22-Sep-2016 08:55 AM
Small package Center, receive--22-Sep-2016 10:55 AM
Parcel centre,sealing--22-Sep-2016 01:55 PM
Small package Center, left--22-Sep-2016 03:28 PM
Exchange Bureau, have been exported to open--23-Sep-2016 11:28 PM
Exchange Bureau, have been exported directly--24-Sep-2016 05:32 PM
Transit Center,left hand navigation--24-Sep-2016 11:05 PM
INDONESIA, Arrived --03-Oct-2016 11:05 PM
INDONESIA, the transfer of customs-- 04-Oct-2016 02:45 AM
Dan tanggal 13 oktober, paket sampailah ke alamat saya. Sebelumnya saya sempat deg-degan karena tidak ada perubahan status pengiriman sejak 04 Oktober (di Bea Cukai), berarti selama tanggal 4-12 oktober barang memang sudah tidak masuk lagi ke ranah ekspedisi gearbest. Padahal jika kita belanja pakai EMS, tracking di pengiriman pos juga akan masuk ke situ. Tapi ya sudahlah, yang penting barang sampai dengan selamat, yeeay!
Dan ini penampakannya, not bad buat 340 ribu kan sob?

Kesimpulannya, Gearbest ini sebetulnya cukup oke, terutama karena harga barangnya yang cukup murah, dibandingkan situs china lainnya. Tapi, memang kalau secara fasilitas (tracking, customer service) sangat minim, dan saya termasuk beruntung karena tidak ada problem barang terselip, gagal verifikasi, dlsb. Kalau ternyata saya mengalami masalah seperti itu, saya juga mungkin akan pasrah saja he he he. Jadi, saya kurang recommend untuk situs ini. Dan setelah saya membaca review-review gearbest di online sana, ternyata cukup banyak problem dengan gearbest ini. Dan ingat, problem pasti akan ada kalau kita sering belanja dari luar negeri, khususnya china. Tetapi yang mau saya garisbawahi adalah, kalau beli di gearbest, problem tersebut mungkin gak akan dapat solusinya, sedangkan kalau beli melalui ebay dan aliexpress, mereka cukup sigap untuk mediasi dispute. Solusinya? pakai PayPal, atau beli di situs selain gearbest. Tapi kalau sobat aware dengan resiko tersebut dan ingin tetap beli di gearbest karena murah, monggo saja...
No comments:
Post a Comment