Wednesday, June 29, 2016

Makan Kuaci Tanpa Mengupas

Buat yang doyan banget kuaci kayak saya, pasti tahu yang namanya kenikmatan makan kuaci itu bukan hanya pada isi kuacinya, tetapi juga pada kegiatan mengupas kulitnya yang merupakan 'olahraga' tersendiri, he he...

Nah, saking seringnya saya makan kuaci, sempat terbersit pertanyaan apa ada yang menjual kuaci ini dalam kondisi sudah dikupas ya?

Seperti biasa, saya langsung berkonsultasi ke mbah google. Dan si mbah pun menjawab, ada di salah satu toko online yang menjual kuaci sudah dikupas! wow! Langsung cursor mouse saya arahkan dan klik ke toko tersebut untuk mempelajari lebih lanjut.

Ternyata, yang dijual adalah kuaci yang masih mentah, walaupun dalam kondisi sudah dikupas (saya nggak nanya sih, gimana cara ngupasnya ha ha). Konon, ternyata kuaci mentah itu lumayan banyak khasiatnya lho, baik jika dimakan secara langsung maupun jika dijus dan dicampur makanan sehat lainnya. Kalau saya sih, cuma punya satu tujuan, yaitu beli kuaci kupas supaya nggak cape ngupas lagi :) Akhirnya tanpa ba-bi-bu saya pun order kuaci tersebut, dan tak lama barangnya sudah dianter sama mas-mas JNE. 

Saya kembali ke mbah google, dan kali ini buat mencari tahu cara masaknya... ternyata untuk kuaci mentah baiknya direndam dengan bumbu terlebih dahulu, sebelum dimasak dengan oven. Bumbunya simple, cukup air dan garam. Tapi karena saya ingin sedikit improvisasi (dan terinspirasi pada kuaci yang dijual di supermarket), saya tambahkan juga susu dan gula. Kemudian kuaci direndam dalam air bumbu tadi selama beberapa jam di dalam toples di kulkas.

Beberapa lama kemudian, Saat mengeluarkan toples, saya sedikit kaget karena airnya 'menghilang'. Ternyata kuaci menyerap air bumbu tadi sehingga airnya zsat/habis. Sisi positifnya, berarti bumbunya menyerap pol nih, dan kuaci akan makin gurih. Tapi sisi negatifnya, berarti kadar air dalam kuaci lumayan banyak dan untuk memanggangnya di oven akan butuh waktu lumayan lama.

Memang benar sob, ternyata kuaci-kuaci tersebut butuh waktu oven sekitar 1.5 jam atau 90 menit dengan suhu 150 derajat sampai benar-benar matang dan siap dimakan.

Nah untuk proses memasaknya sobat bisa cek video berikut ini:



Untuk merangkum, berikut bahan-bahan dan langkah memasaknya (maaf saya gak pengalaman nulis resep :)

Bahan:
Kuaci kupas mentah, 500 gr

Bumbu:
Garam 1 sdm
Gula 1 sdt
Susu 1 sdm
Royco / Kaldu 1 sachet (sesuai selera)
Air secukupnya (sampai merendam kuaci)

Cara memasak:
1. Campur kuaci dengan air hingga terendam secara penuh
2. Masukkan bumbu-bumbu, dan aduk hingga merata
3. Letakkan ke dalam wadah tertutup, dan simpan dalam lemari pendingin selama minimal 1 jam
4. Tiriskan kuaci, dan letakkan dalam loyang yang sudah dialasi dengan kertas panggang
5. Atur agar kuaci tidak terlalu bertumpuk di atas loyang. Bagi dalam beberapa batch jika diperlukan
6. Panaskan oven dengan suhu 150 derajat
7. Panggang kuaci selama 90 menit, setiap 10-15 menit aduk-aduk kuaci agar terkena panas merata
8. Jika warna sudah agak coklat, ambil sample setiap 5 menit dan coba kerenyahannya.
9. Sudahi waktu panggang jika kuaci sudah crunchy, dan perpanjang jika belum
10. Waktu yang diperlukan untuk matang bisa bervariasi tergantung lama perendaman, dan kapasitas oven.
11. Simpan kuaci yang sudah matang ke dalam toples tertutup, jika perlu, tambahkan garam dan kocok di toples tersebut.

Selamat mencoba.







No comments:

Post a Comment